How MUI Fatwa Changes Indonesia Mindset towards Pro-Israel Boycott Products using the Naïve Bayes Classification Method

Penulis

  • Susi Jumiati Universitas Negeri Padang
  • Dodi Vionanda Universitas Negeri Padang
  • Admi Salma Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ujsds/vol2-iss4/326

Kata Kunci:

Boycott, MUI fatwa, Naive Bayes classification method, Sentiment analysis, Word cloud

Abstrak

Boikot produk pro-Israel menjadi topik hangat di media sosial, baik di Indonesia maupun di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat Indonesia menggunakan metode klasifikasi Naive Bayes terkait aksi boikot sebelum dan sesudah dikeluarkannya Fatwa MUI No.83/2023. Melalui analisis sentimen dan word cloud terhadap 3327 tweet, ditemukan bahwa diskusi tetap konsisten dan tidak terpengaruh oleh Fatwa MUI. Sentimen mayoritas masyarakat Indonesia terkait aksi boikot produk pro-Israel adalah positif, dengan dukungan penuh terhadap aksi tersebut. Fatwa MUI telah memberikan dampak terhadap sentimen masyarakat Indonesia, terlihat dari meningkatnya sentimen positif pasca fatwa tersebut dikeluarkan. Analisis word cloud menunjukkan bahwa baik sebelum maupun sesudah 8 November 2023, satu kata teratas yang muncul dalam sebaran kata sama persis, yakni 'boikot'. Kemiripan ini menunjukkan bahwa topik-topik diskusi yang berkembang di platform Twitter tetap konsisten, baik sebelum maupun sesudah keluarnya Fatwa MUI. Netizen Indonesia seragam membicarakan boikot produk yang mendukung Israel sebagai bentuk penolakan atas genosida yang dilakukan negara itu di Gaza, Palestina.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-28

Cara Mengutip

Jumiati, S., Dodi Vionanda, & Admi Salma. (2024). How MUI Fatwa Changes Indonesia Mindset towards Pro-Israel Boycott Products using the Naïve Bayes Classification Method. UNP Journal of Statistics and Data Science, 2(4), 495–501. https://doi.org/10.24036/ujsds/vol2-iss4/326

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>